Contoh Pidato Tentang Narkoba Terbaik

Fitra Alim - Contoh Pidato Tentang Narkoba Terbaik, buat anda yang sedang mencari Informasi seputar Pidato tentu ini sangat pas sekali, karena kali ini saya akan berbagi informasi untuk anda. Pidato merupakan suatu hal yang birisi seperti pemberitahuan, pencerahan ataupun ajakan untu suatu hal. dalam artian Pidato adalah cara menyampaikan informasi dengan berbicara di depan umum. melalui media lisan maupun tulisan.

Pidato ini sendiri sudah diajarkan si sekolah-sekolah sejak SMP, tentu materi Pidato ini sangat penting sekali untuk pembelajaran, nah buat anda yang sedang mencari-cari Contoh Pidato Tentang Narkoba, berikut akan saya berikan dibawah ini :

Contoh Pidato Tentang Narkoba Terbaik


Assalamualaikum Wr Wb


Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua yang ada disini.

Hadirin bapak ibu guru serta panitia ujian praktek Bahasa Indonesia yang saya hormati dan tak lupa teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puj dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat karunianya sehingga kita dapat berkumpul disini tanpa ada suatu halangan apapun.

Hadirin yang berbahagia!.

Dipagi yang cerah pada ujian praktek Bahasa Indonesia ini saya akan menyampaikan tentang narkoba dan bahayanya. Tentunya anda sudah mengenal Apa itu narkoba??


Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya lainnya,atau istilah lain yang diperkenalkan oleh DKRI adalah “Napza” yaitu singkatan dari Narkotika,Psikotropika dan Bahan adiktif berbahaya lainnya. Yang apa bila dimasukkan dalam tubuh dengan cara oral/diminum yaitu berupa pil atau tablet,di hisap dengan cara membuatnya menjadi seperti rokok atau di masukkan melalui jarum suntik akan mengakibatkan ketergantungan fisik.

Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya psikotropika adalah zat yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak di operasi atau obat-obatan penyakit tertentu.

Salah satu jenis narkoba adalah :

Narkotika : Yaitu bahan yana berasal dari tanaman maupun non tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menimbulkan penurunan kesadaran. Macam-macam narkotika antara lain adalah:
Ganja : Sebenarnya ganja adalah tumbuhan yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat umum dan didunakan sebagai bahan pembuat kantung karena seratnya yang kuat dan biji ganja adalah sumber minyak. Namun demikian ganja telah dikenal sebagai narkoba sekarang sering disalahgunakan karena ini bernilai ekonomi tinggi. Disejumlah negara penanaman ganja sangat dilarang namun di beberapa negara lain penanaman ganja diperbolehkan untuk dimanfaatkan seratnya dengan syarat mengandung zat narkotika yang sangat rendah atau tidak sama sekali. Dulu sebelum pemerintah mengeluarkan larangan tentang penanaman ganja masyarakat NAD menjadikan daun ganja sebagai komponen sayur untuk makan  yang disajikan secara umum atau menghisap ganja kering yang telah dibakar seperti rokok atau menggunakan tempat khusus yang disebut bong.
Morfin : Morfin berasal dari kata Morpheus yang berarti dewa mimpi dalam mitologi Yunani. Yaitu adalah obat yang sering dipakai artis-artis maupun bintang sepakbola dunia. Contohnya adalah Michael Jackson dan Diego A Maradona. Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif yang terkandung pada opium.
Kokain : Kokain adalah senyawa yang memicu metabolisme sel yang sangat cepat. Kokain adalah alkaloid yang terkandung dalam tumbuhan Eritroxylon coca yang berasal dari Amerika selatan,di Negara tersebut daun ini sering dikunyah untuk mendapatkan efek stimulant.

Budidaya tanaman-tanaman tersebut dapat ditemukan di Negara-negara tropis. Bahkan beberapa Negara beriklim dingin pun membudidayakannya dengan rumah kaca.


Hadirin yang berbahagia !

Narkoba juga dibedakan menurut jenisnya.

Jenis-jenis narkoba menurut efeknya :
Depresan          : Yaitu menekan system saraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pengguna merasa tenang. Contohnya adalah morfin, heroin dan putaw.
Stimulant           : Yaitu merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Contohnya adalah kafein,kokain,shabu-shabu dan ekstasi.
Halusinogen : Yaitu membuat seseorang jadi berhalusinasi/berkhayal. Contohnya adalah ganja

Penyebaran benda haram tersebut sudah hampir tidak bias, karena Bandar-bandar narkoba mencari mangsa di sekolah-sekolah,diskotik,tempat pelacuran, atau tempat lain.

Pengguna narkoba awalnya menggunakan dengan coba-coba senang-senang lalu ketagihan dan melebihi dosis yang akan menyebabkan ketergantungan fisik. Dan menyebabkan penyakit. Penyakit-penyakit pengguna narkoba adalah :
Gangguan kulit
Gangguan paru-paru
Sering pusing,mual,muntah
Suhu badan tinggi
Terasanya sakit yang luar biasa yang di sebut sakaw bila putus obat

Dan bagi pengguna jarum suntik akan terkena penyakit :
HIV/AIDS
Hepatitis B
Hepatitis C

Yang hingga saat ini belum ada obat nya. Sedangkan dampak psiklogisnya adalah:
Sering ceroboh dan lamban dalam bekerja
Bersikap anarkis
Pemurung
Pengkhayal

Sedangkan dampak sosial yang akan dialami oleh pengguna narkoba adalah:
Di jauhi masyarakat
Gangguan mental
Pendidikan terganggu dan masa depan suram

Hadirin yang berbahagia !

Pasti ada yang berfikir “apakah ada yang masih bisa kita lakukan untuk mencegah ,menanggulangi atau mencegah pengguna narkoba?? ”

Tentunya masih ada , ada 3 tingkat intervensi untuk menghadapi pengguna narkoba .
Tahap Primer : Yaitu pemberian pendidikan , pendekatan dan pengenalan tentang bahaya narkoba.
Tahap Sekunder : Yaitu pemberian pengobatan ke spesialis narkoba , terapi , atau dipondokkan.
Tahap Tertier : Yaitu tahap merehabilitasi pengguna narkoba dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat.

Kiranya cukup sekian pidato saya smoga bermanfaat bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr Wb  

Demikian informasi terbaru seputar "Contoh Pidato Tentang Narkoba Terbaik", semoga bermanfaat buat anda sekalian,




Contoh Pidato Tentang Narkoba Terbaik