Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil

Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil ~ Hello Sobat , Bagaimana sih Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil ? mau tahu jawabnya ayoo ikuti . Dalam dunia kesehatan Puasa bagi ibu hamil mungkin sangat di larang , karena dapat membuat bayi tersebut kecil karena sorang yang hamil akan haus dengan makanan . jadi dari makanan itulah si calon bayi mendapatkan asupan makanan .

Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil

Dalam Agama islam Di Jelaskan Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil :


Tentunya agama Islam selalu menjadi rahmatan lil alamin bagi semua umat, termasuk di dalamnya bumi. Tidak pernah ada suatu amalan yang memberatkan, di mana selalu ada kemudahan/ruksoh dalam menjalankan setiap ibadah. Menurut para ulama, ada dua pendapat tentang puasa bagi ibu hamil — yang tidak dapat melaksanakan ibadah puasa. Pendapat pertama menggolongkan bumil sebagai orang sakit, sehingga penggantiannya adalah di-qadha/diganti puasanya di hari lain. Pendapat kedua adalah menggolongkan sebagai orang yang tidak mampu berpuasa sehingga harus diganti dengan membayar fidyah, yaitu memberi makan fakir miskin. Ada lagi yang menyatakan perlu kombinasi dari keduanya (qadha dan fidyah) untuk menggantinya.

Kalau kita lihat kondisinya, seorang ibu itu tidak diwajibkan berpuasa saat mengandung, nifas, dan menyusui. Kalau ditotal-total maka minimal 15 bulan seorang ibu tidak wajib puasa. Diteruskan menyusui hingga 2 tahun, bisa hampir 3 tahun seorang ibu tidak ikutan berpuasa. Bagaimana caranya seorang ibu bisa meng-qadha secara total 90 hari puasanya? Secara rasional memang lebih cocok penggantinya dengan membayar fidyah. Untuk pelaksanaan dan kemantapan hati, sebaiknya ditanyakan kepada ustadz/ustadzah yang bumil percayai.

Itulah Penjelasan tentang Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil semoga , bagi ibu hamil dapat mengetahui dan mempertimbangan dengan seksama . agar janin yang ada di kandungan ibu kondisi sehat wal afiat . amin .



Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil