Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha - Dalam beberapa hadits Sohla dhuha di lakukan dengan 2 rakaat - 12 rakaatn . Tata cara sholat Dhuha Dengan baik dan benar dapat anda baca sebelum postingan ini .
Setiap orang berbeda beda Jumlah Rakaat Shalat Dhuha dalam menjalankan sholat dhuha jumahl ada yang 2 ,4,6 sampai terbanyak 8 .

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Berikut penjelasan Jumlah Rakaat Shalat Dhuha :

Paling sedikit dua rakaat. Sedang paling banyak adalah delapan rokaat.
Berdasarkan hadits dari Abu Dzar berikut:

أن النبي صلى الله عليه وسلم دخل بيتها يوم فتح مكة وصلى ثماني ركعات، فلم أر صلاة قط أخف منها؛ غير أنه يتم الركوع
والسجود

Artinya: Nabi Muhammad pada hari pembebasan Makkah (fathu Makkah) masuk ke rumahnya dan shalat delapan rakaat. Aku tidak pernah melihat shalat yang lebih ringan (lebih cepat) dari itu. Akan tetapi beliau tetap menyempurnakan ruku' dan sujud (hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim).

Pendapat ini adalah yang mu'tamad sebagaimana dinyatakan Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk.

Namun, menurut kitab Ar-Raudhah, jumlah rakaat dhuha terbanyak adalah 12 rakaat.

Apabila melaksanakan shalat dhuha lebih dari dua rakaat, maka yang utama dilaksanakan dengan dipisah salam setiap dua rakaat berdasarkan hadits riwayat Ahmad dan lain-lain: صلاة الليل والنهار مثنى مثنى. Shalat malam atau siang (hendaknya dilakukan) dua rakaat dua rakaat.

Namun boleh dilakukan delapan rakaat dengan satu kali salam.

Agama islam tidak pernah menyulitkan agamanya , setiap kesulitan pasti ada kemudahan . Jumlah Rakaat Shalat Dhuha ada yang menjalankan 2 rakaat ataupun banyak . itu kemampuan hambanya sendiri .



Jumlah Rakaat Shalat Dhuha